Anak Misioner, JADILAH PEMBAWA DAMAI

Perayaan Natal dan Hari Anak Misioner Sedunia di Paroki Tritunggal Mahakudus Tuka

ide

1/9/20243 min read

Hari Raya Penampakan Tuhan kepada ketiga raja dari Timur yaitu Caspar, Melkior, dan Baltazar lebih dikenal dengan Epafani, diperingati setiap tanggal 6 Januari, sekaligus pula dirayakan sebagai Hari Anak Misioner Sedunia. ‘Anak Misioner, Jadilah Pembawa Damai’, tema yang diangkat pada usia 181 tahun pada tahun 2024 ini.

Romo Paroki - Romo Paskalis Nyoman Widastra mengajak anak-anak untuk bergembira, mempersembahkan segala aktivitas mereka untuk Tuhan Yesus.

“Kita bersukacita, bergembira, dan mempersembahkan sesuatu kepada Tuhan Yesus. Kepada orang tua kami mengucapkan terima kasih. Inilah cara kita memberikan sukacita dan kegembiraan kepada anak-anak kita. Semoga bisa menjadi kenangan dalam perjalanan hidup anak-anak kita, sehingga mereka menjadi dewasa yang berguna bagi gereja dan masyarakat. Untuk para pembina jangan berputus asa, tetap mendamping karena ini juga menjadi bagian dari diri kita sebagai anggota Gereja”. Sambutan Romo Nyoman diakhiri dengan mengucapkan selamat Natal dan Tahun Baru untuk kita semua.

Kehadiran dua sosok Sinterklas juga menambah marak dan gembira suasana perayaan. Penampilan anak-anak dalam gerak lagu, berpuisi, pentas boneka, menyanyi, dan drama menandakan anak-anak kita sungguh mempunytai bakat-bakat yang unik. Bakat dan minat ini hendaklah terus diasah dan dikembangkan untuk menjadi bekal kehidupan mereka kelak, sehingga mereka dapat menjadi terang, garam, dan ragi, serta bintang kehidupan bagi diri mereka sendiri, sesama, dan Tuhan. Peran orang tua sangatlah penting dalam pembentukan iman, bakat, dan minat anak-anak. Teruslah mendampingi anak-anak dalam kasih Tuhan. Ad maiorem Dei gloriam (Untuk Keagungan Allah Yang Lebih Besar). (*ide)

Hari Anak Misioner Sedunia ke-181, di Paroki Tuka diperingati dalam misa kudus dan perayaan Natal Ceria.Adik-adik Sekami Santo Tarsicius melayani liturgi pada misa ini. Mulai dari lektor, pemazmur, pembaca doa umat, pembawa persembahan, dan koor ditanggung oleh anak-anak Sekami dan Remaja. Bapak Gusti Ngurah Darmadi mendamping anak-anak khusus untuk anak-anak yang tergabung dalam koor anak dan remaja.

Romo Gaby panggil akrab Romo Gabriel mengajak anak-anak dan juga umat untuk menjadi insan yang mengambil peran dalam kehidupan ini. “Jadilah terang, garam, ragi, dan bintang kehidupan bagi sesama demi kemuliaan Tuhan”, demikian tegas Romo Gabriel Madja, SVD dalam homilinya.

Tampak jelas kegembiraan dan keceriaan anak-anak dalam perayaan Natal dan Hari Anak Misioner Sedunia yang diadakan di gedung serba guna paroki (Minggu, 7/1/2024). Anak-anak didamping oleh para pembina menampilkan berbagai atraksi seni bertemakan Natal. Menari, menyanyi, berpuisi, memainkan boneka, dan bermain drama.

Romo Nyoman Paskalis, Romo Gabriel, dan Bapak Ketut Artawan (Ketua Panitia Natal 2023) hadir dalam perayaan Natal anak-anak kali ini. Anak-anak begitu akrab dan dekat Romo Paroki dan Romo Rekan. Sebuah pemandangan yang menyentuh hati. Tahun ini menjadi fokus perayaan di Paroki Tritunggal Mahakudus Tuka adalah anak-anak dan lansia.

Bapak Ketut Artawan mengapresiasi apa yang telah dilaksanakan oleh panitia, para pemdamping, dan orang tua anak-anak Sekami yang telah mendukung kegiatan ini. “Kiranya anak-anak yang kita cintai ini sungguh menjadi penerus iman Katolik ‘the Betlehem of Bali’. Dari tangan anak-anak ini berikutnya tertanam iman yang lebih kuat,” demikian harapan Pak Artawan dalam sambutannya.

Lebih lanjut Bapak Artawan menegaskan kembali bahwa anak-anak akan menjadi pembawa damai karena ada dukungan dari orang tua. Khususnya bersumber dari keluarga masing-masing.

Untuk para pembina Sekami Bapak Artawan mengharapkan difokuskan pada tema‘pembawa damai’. “Tema ‘pembawa damai’ sungguh-sungguh dihidupi sehingga seluruh kegiatan anak-anak kita kurikulumkan untuk membawa damai. Anak-anak kita tujukan untuk membawa dalam dalam keluarga dan di mana pun mereka berada,” papar Pak Artawan. Di akhir sambutannya Pak Artawan memberikan kuis kepada anak-anak dengan hadiah menarik yang disediakan oleh beliau. 

Save BIG on our church!

GEREJA KATOLIK TRI TUNGGAL