KERJA BAKTI MENJELANG NATAL 2023

Kerja Bakti Menjelang Natal

ide

12/16/20232 min read

Latihan Kelompok II
Latihan Kelompok II

Sudah menjadi rutinitas menjelang Natal dan Paskah diadakan kerja bakti masal di gedung gereja, gedung serbaguna, dan lingkungan seputar gereja, seperti halaman museum dan lahan relokasi gereja. Kali ini kerja bakti dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 Desember 2023.

Pembagian area kerja bakti telah diatur sebelum melalui rapat persiapan natal. Gedung gereja dan halaman dalam ditugaskan kepada Lingkungan Dominikus, Lingkungan Antonius membersihkan halaman timur gereja dan halaman museum. Gedung serba guna dan gereja lama dibersihkan oleh Lingkungan Maria Ratu, sedang Lingkungan Stefanus dan Maria Fatima membersihkan lahan lokasi gereja baru.

Pastor Paroki Romo Paskalis Nyoman Widastra berkesempatan pula memantau pelaksanaan kerja bakti sore ini. Kerja bakti di dalam gereja ditujukan memberikan sarang laba-laba, mengepel lantai, mengelap kursi, dan membersihkan taman di halaman gereja bagian dalam.

Romo Nyoman meninjau pelaksanaan kerja bakti
Romo Nyoman meninjau pelaksanaan kerja bakti

Pada saat ini taman gereja sedang dalam pembenahan. Tampak tukang taman hilir mudik membawa tanah, tanaman dan alat-alat yang dibutuhkan guna melengkapi taman agar tambah indah dan asri. Rumput dan tanaman hias depan candi bentar serta di depan kori agung diganti. Taman pun ditata agar kelihatan lebih lapang. Tembok pembatas dengan rumah Pan Sara pun telah dibangun kembali. Lebih kokoh dari pada sebelumnya.

Di samping mewujudkan partisipasi umat dalam kegiatan menggereja, kerja bakti ini pun dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada umat dalam lingkungan bersosialisasi lebih akrab satu sama lain. Banyak umat di lingkungan yang tidak mengenal warganya karena kesibukan dan aktivitas mereka. Kerja bakti inilah yang juga menjadi kesempatan mereka untuk bertemu dan bersilahturahmi.

Anggota DPP juga hadir untuk mengawasi jalannya kerja bakti sore ini. Kerja bakti yang sudah dimulai pada pukul 14.00 berlangsung kurang lebih satu setengah jam.

Gereja sudah kelihatan lebih bersih, juga lingkungan di seputarnya. Diharapkan menjelang natal ini setiap umat baik di KBG, lingkungan, dan paroki berpartisipasi aktif, ambil bagian dalam kehidupan menggereja seperti yang diamanatkan oleh Sinode V Keuskupan Denpasar, mewujudkan gereja yang Sinodal. (*ide)

Save BIG on our church!

GEREJA KATOLIK TRI TUNGGAL