Kunjungan Kanonik Jendral OSF Roma ke LKSA Sidhi Astu Tuka

Kunjungan Kanonik Jendral OSF Roma ke LKSA Sidhi Astu Tuka 4 September 2022

ide

9/4/2022 3 min read

Minggu, 4 September 2022 merupakan hari istimewa bagi LKSA Sidhi Astu Tuka. Hari ini sungguh merupakan kegembiraan yang luar biasa karena Jenderal dan Dewan Jenderal OSF Pusat di Roma datang berkunjung. Berbagai acara disiapkan untuk menyambut kedatangan beliau. Acara yang sungguh special untuk tamu special.

Kedatangan Jenderal dan Dewan Jenderal OSF dalam rangka visitasi kanonik ke Indonesia. Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama dari Roma dalam sepuluh tahun terakhir. Jenderal dan Dewan Jenderal OSF didampingi pula oleh para suster dari Komunitas OSF Serma Kawi Denpasar. Rombongan datang kurang lebih pukul 10.00 WITA di LKSA Sidhi Astu.

Penyambutan LKSA Sidhi Astu bernuansa Bali. Pengalungan bunga kepada Jenderal dan Dewan Jenderal OSF dilakukan oleh anak-anak binaan yang berpakaian adat Bali. Baik anak-anak maupun karyawan LKSA Sidhi Astu mengena pakaian adat Bali. Yang perempuan menggunakan kamben dan berkebaya sedang yang laki-laki menggunakan kamben gaya laki-laki Bali dan berudeng. Pengalungan bunga kamboja yang teruntai dilakukan oleh dua anak binaan yang baru duduk di bangku TK. Sangat berkesan ketika kedua anak ini menggandeng tangan Suster Jenderal dan Dewan Jenderal memasuki aula.

Kegembiraan meliputi aula penyambutan. Satu demi satu anak-anak LKSA Sidhi Astu menunjukkan kebolehan mereka. Mereka menari, menyanyi, dan berjoged bersama. Di akhir setiap pentas Ibu Dewi sebagai MC dan sekaligus koordinator acara memperkenalkan anak-anak kepada Jenderal dan Dewan Jenderal OSF. Hal yang sama juga dilakukan setelah penampilan para karyawan LKSA Sidhi Astu. Mereka memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris dan tetap dipandu juga oleh Ibu Dewi.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas kunjungan Jenderal dan Dewan Jenderal OSF di LKSA Sidhi Astu ini. Inilah anak-anak yang dipercayakan oleh Tuhan kepada kami untuk diberikan kasih sayang dengan setulus hati”, demikian sapaan kasih dari Sr. M. Xaverine, OSF selaku Kepala LKSA Sidhi Astu Tuka menjelaskan tentang keberadaan anak-anak dari tingkat belum sekolah sampai anak-anak yang sudah menjalani masa perkuliahan. Jumlah mereka ada 84 orang. Sebanyak 46 orang tinggal di asrama dan sisanya di luar asrama.

Dalam sapaan balasannya Jenderal OSF – Suster Rita Ann Cammach didampingi oleh Dewan Jenderal OSF di Roma Suster Issabela Uran, OSF menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang luar biasa dari anak-anak LKSA yang semuanya hebat, semuanya indah, dan mengesankan. Beliau juga berpesan agar selalu menerapkan kasih dalam kehidupan. Tetap tumbuh dan berkembang dalam kasih Allah. Sambutan disampaikan beliau dalam bahasa Inggris dan diterjemahkan oleh Suster Issabela Uran, OSF. Suster Rita juga berdoa dan mohon berkat untuk anak-anak khususnya keluarga besar LKSA Sidhi Astu.

Seluruh hadirin terbius pada penampilan terakhir anak-anak LKSA Sidhi Astu. Para hadirin diajak berjoged bersama menirukan gerakan penari di panggung. Liak liuk penari panggung diiringi lagu ‘Ottawan – Hands Up’ sangat menggugah hasrat untuk bergoyang. Tampak seluruh hadirin termasuk Suster Rita, Suster Issabela, Suster Xaverine, dan para suster lainnya bergoyang bersama mengikuti irama musik. Tak ketinggalan anak-anak dan juga para karyawan. Semua berjoged meluapkan kegembiraan dan keceriaan pada siang hari ini.

Sebelum acara berakhir dilakukan penyerahan bingkisan. Suster Rita berkenan menyerahkan bingkisan untuk anak-anak dan karyawan LKSA Sidhi Astu. Pitza makanan khas Italia juga sudah menunggu untuk disantap. Makan siang sambil menikmati pitza dan sebotol susu untuk anak-anak. Makan siang bersama di ruang makan dengan menu istimewa sudah tersaji siang ini. Semua senang semua bergembira. Sungguh hari ini hari yang spesial seperti celetuk Michael – salah satu anak Sidhi Astu saat akan tampil menyanyi di panggung. *ide