LKSA SIDHI ASTU BERTUGAS MENGAWALI NOVENA NATAL 2023

Novena Natal 2023 Paroki Trtunggal Mahakudus Tuka

ide

12/18/20232 min read

Peristiwa inkarnasi Sang Sabda menjadi manusia adalah kejadian yang mempunyai makna sangat kaya dan mendalam. Kekayaan dan kedalaman makna itu tidak bisa sungguh diserap dan dihayati umat hanya dalam satu kali perayaan Ekaristi pada Malam Natal. Kekayaan dan kedalaman makna ini tercermin secara sangat jelas dalam berbagai renungan yang dilakukan para Bapa Gereja tentang peristiwa yang luhur dan mulia ini. Dengan Novena Natal, kekayaan dan kedalaman makna Natal bisa diuraikan dan dengan demikian dinikmati umat untuk memperkaya penghayatan iman. Novena Natal menjadi sarana untuk berkatekese secara efektif, sekaligus merayakan iman. Tentu saja, Novena Natal tetap harus bersifat persiapan, dan bukan mendahului perayaan Malam Natal.

(dikutip dari https://www.hidupkatolik.com/2017/12/22/16540/novena-natal-apakah-itu.php)

Hari ini Jumat, 15 Desember 2023 menyelenggarakan Novena Natal. Novena yang baru pertama kali diadakan di paroki ini dimaksudkan untuk memberikan ruang kepada umat untuk lebih menghayati iman pada saat masa Adven, masa penantian menjelang Natal. LKSA Sidhi Astu Tuka mendapat tugas liturgi sekaligus memandu pelaksanaan novena petang ini.

“Novena Natal yang kita adakan ini, selain untuk mempersiapkan diri menyambut Natal, kita ingin mengenangkan peristiwa Bunda Maria menantikan kelahiran Puteranya selama 9 bulan,” demikian ungkap Romo Gabriel Madja dalam pengantar misa sehabis doa novena.

Tidak begitu banyak umat yang hadir dalam Novena Natal petang ini. Tampak bangku gereja banyak yang tidak terisi. Teks novena yang disediakan di meja belakang juga masih banyak tersisa dalam tumpukannya.

“Bagus, novena awal sudah berjalan dengan baik, namun kehadiran umat masih sangat kurang, apakah kurang sosialisasi ya?,” demikian ungkap Romo Paskalis usai misa.

“Waktu yang masih merupakan jam pulang kerja mungkin menjadi salah satu penyebabnya”, timpal Yuni Sie Liturgi ketiga ngobrol serius dengan Romo Paskalis. Ada benarnya juga karena novena dimulai pada pukul 17.30 di mana waktu tersebut umat masih dalam perjalanan pulang dari tempat kerja. Perubahan waktu novena yang sedianya diadakan pada pukul 18.00 WITA setelah mengalami pertimbangan maka dimajukan pada pukul 17.30 WITA.

Novena Natal 2023 sudah diawali dengan baik, semoga delapan hari ke depan semuanya dalam berjalan dengan baik dalam berkat Tuhan, sehingga umat diantar untuk menyambut Natal dengan hari riang gembira penuh berkat. (*ide)

Save BIG on our church!

GEREJA KATOLIK TRI TUNGGAL