REKOLEKSI ADVEN MISDINAR 2023

Rekoleksi Misdinar 2023

ide

12/16/20232 min read

Sabtu – Minggu, 09 – 10 Desember 2023 diadakan Rekoleksi Adven. Rekoleksi di kemas dalam acara perkemahan dilaksanakan di area Gereja Paroki Tritunggal Mahakudus Tuka. Tema rekoleksi Adven pada tahun ini ialah “Misdinar Siap MEMBARA. MEMBARA yang berarti MEMbawa kaBAr gembiRA.

Misdinar adalah mereka yang melayani imam saat perayaan ekaristi, maupun saat hari raya ataupun hari biasa. Mereka telah menerima Sakramen Komuni Pertama dan telah dilantik. Selain itu mereka juga harus siap untuk melayani tanpa pamrih dan siap menggantikan teman mereka yang tidak bisa bertugas saat hari itu juga.

Dengan tema “Misdinar Siap MEMBARA”. MEMBARA yang berarti MEMbawa kaBAr gembiRA. Panitia Misdinar berharap semua anak dapat membagikan kegembiraan setelah mengikuti kegiatan rekoleksi Adven ini. Rekoleksi ini juga menjadi penentu bagi mereka apakah akan mendapatkan tugas natal atau tidak. Jika tidak mengikuti rekoleksi maka secara langsung mereka tidak akan mendapatkan tugas.

Hari pertama, mereka datang dan melakukan registrasi terlebih dahulu. Dilanjutkan dengan pembagian materi. Materi dibawakan oleh Rm. Gabriel Madja, SVD dan Bapak Blasius Manuk. Dengan materi Panca Tugas Gereja. Romo Gaby menekankan bahwa misdinar wajib datang 30 menit sebelum misa mulai untuk berdoa dan menenangkan hati. Di sela pemberia materi diselingin dengan mini games. Selesai tentang Panca Tugas Misdinar mereka dibagi ke dalam kelompok untuk mengikuti outbound.

Terdapat 12 kelompok dengan 7 pos dalam outbond. Pos pertama Pipa Bocor, yang kedua Estafet Air, pos ketiga Ping Pong Berantai, pos keempat Estafet Gelas, dan pos kelima Seimbang Karet, pos keenam Tower Air, dan pos terakhir Kereta Badan. Di pos terakhir diberi latihan untuk meningkatkan kekompakan. Di setiap pos mereka akan bersaing dengan kelompok lain untuk mendapatkan pita hijau sebagai penentu bahwa kelompok mereka yang akan menjadi pemenang.

Malam hari mereka mengikuti kegiatan api unggun di halaman gereja baru dengan menampilkan berbagai macam atraksi. Atraksi tersebut adalah kolaborasi dua kelompok. Penampilan kelompok-kelompok tersebut diselingi dengan pengumuman juara.

Pada hari kedua setelah misa ketiga mereka dibagi menjadi kelompok untuk tugas malam Natal dan pada hari raya Natal. Mereka dibagikan juga jadwal latihan. Sebelum melakukan operasi semut, para peserta perkemahan berfoto bersama di depan Goa Maria Bintang Penuntun. (mdr-ide)

Save BIG on our church!

GEREJA KATOLIK TRI TUNGGAL