SAINT NORBERT CAMP JILID II

Kemah Pelantikan OMK Saint Norbert

ide

12/28/20232 min read

Saint Norbert Camp telah diselenggarakan pada Sabtu-Minggu tanggal 18 & 19 November 2023 di Wisma Nangun Kerthi Bedugul yang merupakan acara yang bertujuan untuk mengembangkan karakter, mendalami iman, dan mengeksplorasi pengetahuan tentang tugas dan peran sebagai anggota OMK di Gereja. Selain itu, camp ini juga menjadi momen pelantikan OMK baru melalui kegiatan Api Unggun dan Perayaan Ekaristi. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang untuk mempererat persaudaraan di antara anggota OMK, tetapi juga sebagai wadah untuk memperdalam penghayatan iman dan pelayanan dalam Gereja.

Dalam konteks ini, ajakan untuk para Orang Muda Katolik adalah untuk senantiasa bersinergi di tengah panggilan gereja dan dunia. Sejalan dengan pesan Paus Fransiskus, para Orang Muda Katolik diajak untuk berjuang dalam melaksanakan nilai-nilai Ajaran Sosial Gereja, mengasah empati, dan menajamkan rasa kemanusiaan di tengah situasi penuh goncangan.

Melalui keterlibatan aktif dalam kegiatan OMK, para Orang Muda Katolik diharapkan mampu menjadi agen perubahan yang membawa dampak positif bagi Gereja dan masyarakat. Ajukan ini sejalan dengan semangat Hari Orang Muda Sedunia yang menekankan pentingnya persatuan antargenerasi, antarkelas sosial, etnis, dan kelompok-kelompok lain, serta peran orang muda sebagai harapan untuk sebuah persatuan baru dalam kemanusiaan.

Adapun pesan dari Ketua OMK Saint Norbert, Fransiskus Quienberry Yana Sutrisna: "Teruntuk teman-teman OMK baik yang baru dilantik maupun yang sudah lama, jangan pernah patah semangat untuk melayani Tuhan. Memang untuk melayani bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, tapi percaya saja nanti Tuhan tolong (kalau tidak sibuk) hahahaha." ujarnya. Tak lupa, perwakilan OMK Saint Norbert yaitu Fransiska Ni Kadek Sonia Puranta Puri dan Angela Kadek Aprilia Handayani dalam Indonesian Youth Day (IYD) 2023 pada bulan Juni lalu yang telah diselenggarakan di Palembang, juga meneruskan pesan dari Romo Eko Wahyu, OSC: “Sebenernya kegiatan yang diinginkan oleh orang muda ialah kegiatan yang seru.. dan juga… gratis.” ujar Romo Eko pada talkshow IYD 2023 yang lalu. Harapannya, Dewan Pastoral Paroki (DPP) terkhusus pada bagian Kepemudaan dapat selalu mendukung kegiatan OMK seperti halnya Saint Norbert Camp yang sukses berjalan berkat dukungan dari DPP dan seluruh umat Paroki TriTunggal MahaKudus Tuka serta dari luar lingkungan Gereja.

Saint Norbert Camp mampu menimbulkan kembali percikan api kebersamaan antaranggota OMK yang sempat padam akibat pandemi Covid-19. Adanya sharing dari alumni OMK yang diharapkan mampu memberikan bekal bagi anggota baru OMK yang telah dilantik. Pengemasan agenda camp yang memang sengaja dibuat seasyik mungkin membuat peserta camp menyukainya karena dinilai tidak membosankan, tetapi juga tidak menghilangkan makna dari kebersamaan ini yaitu untuk melangkah bersama melayani Tuhan dan Gereja sebagai Orang Muda Katolik.

Oleh karena itu, mari bersama-sama mewujudkan panggilan ini dengan penuh semangat dan sukacita karena kitalah masa kini dan masa depan Gereja.

Save BIG on our church!

GEREJA KATOLIK TRI TUNGGAL