SOVERDIA DISTRIK BALI SELENGGARAKAN REKOLEKSI JELANG NATAL 2023

Rekoleksi Soverdia Distrik Bali Jelang Natal 2023

ideyoedi

12/12/20232 min read

Soverdia Distrik Bali se-Paroki Tangeb, Tuka, dan Denpasar menyelenggarakan rekoleksi menjelang Natal 2023 di Perpustakaan Widya Wahana Tuka pada Senin, 4 Desember 2023. Rekoleksi dipimpin langsung oleh Pastor Pendamping Soverdia Distrik Bali Lombok Romo Yan Madya, SVD.

Dalam pemaparannya, Romo Yan menegaskan bahwa anggota Soverdia wajib aktif dalam kegiatan yang dilaksanakan di KBG di mana anggota Soverdia itu berada. “Kehadiran soverdian harus menjadi garam, inisiator dalam lingkungan di mana berada terutama di KBG.” demikian kata Romo Yan.

Natal adalah perayaan persatuan. Allah ada di dalam setiap diri kita. Allah hadir dalam diri setiap kita. Entah besar entah kecil bahkan dalam bentuk janin pun Allah sudah hadir. Maka gereja katolik mengutuk keras aborsi. Sejak berjumpanya sperma dan ovum itu sudah menjadi manusia. Katolik tidak mengakui adanya alat kontrasepsi, tetapi lebih menghargai KB alami. Mengapa Dia mau bersatu dengan manusia?

Kita bersekutu karena meniru Allah. Allah mau bersekutu dengan manusia. Apa reaksi manusia terhadap inkarnasi Allah? Mereka bersama bersorak sorai. Bersatu memuji Tuhan.

Waktu Natal perayaan kita ke mana? Natal adalah tema persatuan tertuju kepada keluarga. Dalam Natal Soverdia ambil peran dalam memberikan sembako kepada keluarga yang kurang beruntung.

Vigili Natal dan Perayaan Hari Raya Natal merupakan satu paket yang tidak terpisahkan. Maka kita wajib merayakan Vigili Natal (Malam Natal) dan Hari Raya Natal itu sendiri pada esok harinya. Vigili Natal kita hadir misa, tetapi pada hari raya Natal tanggal 25 Desember kita tidak mengikut perayaan misa. Ini merupakan kekeliruan yang besar dan sudah jamak di umat kita, demikian ungkap Romo Yan. Hal senada juga disampaikan oleh Romo Gaby (*ide)

Save BIG on our church!

GEREJA KATOLIK TRI TUNGGAL